TUJUAN PENDIDIKAN PROGRAM STUDI SASTRA INGGRIS FISIB UNPAK

1. Menyiapkan peserta didik untuk menjadi anggota masyarakat yang memilik ikredibilitas keilmuan yang tinggi, mampu berpikir ilmiah, mandiri, bermoral serta 
memiliki kemampuan manajerial yang unggul, mandiri dan berkarakter.
2. Menyiapkan peserta didik untuk menjadi anggota masyarakat yang beriman kepadaTuhan Yang Maha Esa.
3. Menguasai pengetahuan dan memiliki keterampilan di bidang bahasa, sastra dan budaya Inggris

CAPAIAN PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI SASTRA INGGRIS FISIB UNPAK

A. SIKAP
1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan 
Pancasila;
4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan 
bangsa;
5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; dan
10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
11. Menunjukkan perilaku yang sesuai dengan kode etik mahasiswa Indonesia.
12. Menunjukkan sikap jujur, integritas dan loyalitas dalam bertindak.
13. Menunjukkan sikap dan perilaku anti korupsi.

B. PENGUASAAN PENGETAHUAN
1. Menguasai konsep teoritis kebahasaan, kebudayaan, dan kesastraan
2. Menguasai dasar-dasar pengetahuan untuk berkreasi di bidang kebahasaan, kebudayaan dan kesastraan.
3. Menguasai dasar-dasar metode penelitian kebahasaan, kebudayaan dan kesastraan.
4.

Menguasai teknik penerapan konsep-konsep kebahasan, kebudayaan dan kesastraan.

C. KETERAMPILAN UMUM
1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu
pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan solusi,
menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan
gagasan, desain atau kritik seni;
4. Mampumenyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya 
dalam laman perguruan tinggi;
5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis 
informasi dan data;
6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar 
lembaganya;

7.

Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian
pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; dan
9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
10. Mampu memublikasikan karya akademik dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir yang diunggah dalam laman perguruan tinggi.
11. Mampu beradaptasi, bekerja sama, berkreasi berkontribusi, dan berinovasi dalam menerapkan ilmu pengetahuan pada kehidupan bermasyarakat serta berperan sebagai warga dunia yang berwawasan global.
12. Mampu menegakkan integritas akademik secara umum dan mencegah terjadinya praktik plagiarsime
13. Mampu menggunakan teknologi informasi dalam konteks pengemabangan keilmuan dan implementasi bidang keahlian.
14. Mampu menggunakan minimal satu bahasa internasional untuk komunikasi lisan dan tulis
15. Mampu mengelola potensi diri dan lingkungan serta menjalin kerjasama untuk mendapat manfaat ekonomis.

D. KETERAMPILAN KHUSUS
1. Mampu menunjukkan kecakapan berbahasa Inggris yang ditandai dengan pencapaian kemampuan berbahasa Inggris setara CEFR level B2.
2. Mampu mengaplikasikan konsep dan teori dasar linguistic minimum dalam tataran tata kalimat untuk meningkatkan kompetensi berbahasa Inggris.
3. Mampu mengaplikasikan teori dan kaidah yang sesuai untuk mengalih bahasakan teks-teks umum (yang dimaksud dengan teks umum masih perlu dibahas lebih lanjut).
4. Mampu mengajar dengan menggunakan bahasa Inggris berdasarkan metode dan pendekatan yang tepat guna.
5. Mampu berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Inggris dalam konteks lintas budaya sekurang-kurangnya 2 budaya berbahasa Inggris.
6. Mampu memahami dan mengulas beragam bentuk karya sastra yang meliputi sekurang-kurangnya prosa, drama, dan puisi.

7.

Mampu bekerja mandiri dengan menggunakan pengetahuan dan ketrampilan berbahasa Inggris dengan membuat suatu rencana bisnis atau karya kreatif.
8. Mampu menyediakan layanan kebahasaan dalam bahasa Inggris untuk keperluan
9. Khusus dalam dunia kerja (ESP).
10. Mampu mengaplikasikan konsep dan teori budaya untuk menganalisis fenomena social budaya di minimum 2 masyarakat berbahasa Inggris.


iden