TUJUAN PENDIDIKAN PROGRAM STUDI SASTRA INGGRIS FISIB UNPAK
| 1. | Menyiapkan peserta didik untuk menjadi anggota masyarakat yang memilik ikredibilitas keilmuan yang tinggi, mampu berpikir ilmiah, mandiri, bermoral serta |
| memiliki kemampuan manajerial yang unggul, mandiri dan berkarakter. | |
| 2. | Menyiapkan peserta didik untuk menjadi anggota masyarakat yang beriman kepadaTuhan Yang Maha Esa. |
| 3. | Menguasai pengetahuan dan memiliki keterampilan di bidang bahasa, sastra dan budaya Inggris |
CAPAIAN PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI SASTRA INGGRIS FISIB UNPAK
| A. | SIKAP |
| 1. | Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; |
| 2. | Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika; |
| 3. | Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan |
| Pancasila; | |
| 4. | Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan |
| bangsa; | |
| 5. | Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; |
| 6. | Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; |
| 7. | Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara; |
| 8. | Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; |
| 9. | Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; dan |
| 10. | Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan. |
| 11. | Menunjukkan perilaku yang sesuai dengan kode etik mahasiswa Indonesia. |
| 12. | Menunjukkan sikap jujur, integritas dan loyalitas dalam bertindak. |
| 13. | Menunjukkan sikap dan perilaku anti korupsi. |
| B. | PENGUASAAN PENGETAHUAN |
| 1. | Menguasai konsep teoritis kebahasaan, kebudayaan, dan kesastraan |
| 2. | Menguasai dasar-dasar pengetahuan untuk berkreasi di bidang kebahasaan, kebudayaan dan kesastraan. |
| 3. | Menguasai dasar-dasar metode penelitian kebahasaan, kebudayaan dan kesastraan. |
| 4. |
Menguasai teknik penerapan konsep-konsep kebahasan, kebudayaan dan kesastraan. |
| C. | KETERAMPILAN UMUM |
| 1. | Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu |
| pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya; | |
| 2. | Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur; |
| 3. | Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan solusi, |
| menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan | |
| gagasan, desain atau kritik seni; | |
| 4. | Mampumenyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya |
| dalam laman perguruan tinggi; | |
| 5. | Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis |
| informasi dan data; | |
| 6. | Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar |
| lembaganya; | |
|
7. |
Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian |
| pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya; | |
| 8. | Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; dan |
| 9. | Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. |
| 10. | Mampu memublikasikan karya akademik dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir yang diunggah dalam laman perguruan tinggi. |
| 11. | Mampu beradaptasi, bekerja sama, berkreasi berkontribusi, dan berinovasi dalam menerapkan ilmu pengetahuan pada kehidupan bermasyarakat serta berperan sebagai warga dunia yang berwawasan global. |
| 12. | Mampu menegakkan integritas akademik secara umum dan mencegah terjadinya praktik plagiarsime |
| 13. | Mampu menggunakan teknologi informasi dalam konteks pengemabangan keilmuan dan implementasi bidang keahlian. |
| 14. | Mampu menggunakan minimal satu bahasa internasional untuk komunikasi lisan dan tulis |
| 15. | Mampu mengelola potensi diri dan lingkungan serta menjalin kerjasama untuk mendapat manfaat ekonomis. |
| D. | KETERAMPILAN KHUSUS |
| 1. | Mampu menunjukkan kecakapan berbahasa Inggris yang ditandai dengan pencapaian kemampuan berbahasa Inggris setara CEFR level B2. |
| 2. | Mampu mengaplikasikan konsep dan teori dasar linguistic minimum dalam tataran tata kalimat untuk meningkatkan kompetensi berbahasa Inggris. |
| 3. | Mampu mengaplikasikan teori dan kaidah yang sesuai untuk mengalih bahasakan teks-teks umum (yang dimaksud dengan teks umum masih perlu dibahas lebih lanjut). |
| 4. | Mampu mengajar dengan menggunakan bahasa Inggris berdasarkan metode dan pendekatan yang tepat guna. |
| 5. | Mampu berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Inggris dalam konteks lintas budaya sekurang-kurangnya 2 budaya berbahasa Inggris. |
| 6. | Mampu memahami dan mengulas beragam bentuk karya sastra yang meliputi sekurang-kurangnya prosa, drama, dan puisi. |
|
7. |
Mampu bekerja mandiri dengan menggunakan pengetahuan dan ketrampilan berbahasa Inggris dengan membuat suatu rencana bisnis atau karya kreatif. |
| 8. | Mampu menyediakan layanan kebahasaan dalam bahasa Inggris untuk keperluan |
| 9. | Khusus dalam dunia kerja (ESP). |
| 10. | Mampu mengaplikasikan konsep dan teori budaya untuk menganalisis fenomena social budaya di minimum 2 masyarakat berbahasa Inggris. |